Minggu, 24 Juli 2016

SKRIPSI SUSAH GAK SIH ? (PART 1)


Selamat malam teman-teman... :)

Akhirnya, bisa sedikit bernafas lega setelah berbulan-bulan tirakat “melek” malem dengan rutinitas bangun -> ngerjain -> asistensi -> pulang -> ngerjain -> ..... -> tidur -> bangun -> ngerjain -> asistensi -> pulang -> ngerjain -> ..... -> dst.

Tapi, aku bohong. Hahahahahaha. Gak separah itu laah hidupku, gak se menakutkan itu kok skripsian hehehe. Penuh perjuangan sih, tapi nikmatin ajah wkwk. Duh aku kudu ketawa kalo ngomong skripsi gak menakutkan, padahal..... gak gak.

Hmm, di post kali ini aku mau sharing tentang pengalamanku selama menjalani skripsi, yang bakal aku bagi jadi 2 part, part 1 aku bakal cerita proses pengambilan judul sampai seminar proposal. Sebelum itu aku pengen ngebahas skripsi itu apa sih dan gunanya apa ? sampai pernah ada gosip kalau skripsi bakal dihapusin tapi perkuliahan sarjana jadi 6 tahun. Pernah denger ? tapi sampai sekarang gak terbukti tuh hehe. Aku juga gamau kuliah S1 sampai 6th hehe. Okeh langsung saja....

Skripsi itu apa ?

Menurut wikipedia.org, Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Menurutku skripsi adalah :
-          Sebuah karya tulis ilmiah yang merupakan rangkuman dari apa yang telah didapat selama perkuliahan.
-          Sebuah karya tulis ilmiah yang mencakup satu atau lebih mata kuliah yang telah dipelajari dalam satu bahasan yang mendetail.

Intinya, skripsi itu merupakan titik akhir dari semua yang kamu pelajari selama kamu kuliah, mata kuliah yang dulu cuma ngerjain tugas aja sekarang harus kamu pelajari secara detail. Harus bener-bener kamu pahami, gak cuma itu, hal-hal yang tidak terduga pun bisa muncul di skripsimu. Akhirnya, kamu bener-bener belajar disini, yang awalnya kamu masa bodo dan gak paham materi, mau gak mau kamu diwajibkan menguasainya.

Gunanya skripsi itu apa sih ?

Selama aku menjalaninya sih skripsi itu berguna banget menurutku, disini aku jadi bener-bener serius mendalami suatu pelajaran yang sudah pernah aku pelajari, terkadang juga yang belum pernah aku pelajari, aku jadi mempelajarinya juga.

Saat kamu melamar pekerjaan pun, saat wawancara terkadang kamu juga bakal ditanya skripsimu tentang apa dan hasil apa yang didapat di skripsimu. Intinya dari skripsi itu kamu jadi punya spesifikasi kemampuan tersendiri yang lebih dari ilmu-ilmu yang lain. Misal banyak mata kuliah yang kamu pelajari, saat skripsi, contoh aku kuliah teknik sipil, aku mengambil skripsi tentang optimasi bekisting. Daripada mata kuliah yang lain, aku punya ilmu lebih tentang sistem pengambilan keputusan karena skripsiku menyangkut itu. Saranku, saat kamu mau mengambil topik skripsi, pilihlah topik yang kamu senangi.



Pengalamanku saat memilih judul skripsi itu susah di awal karena pada saat itu aku gak punya pandangan apapun mau ambil judul dan topik apa. Bingung sekali sampai H-1minggu pengumpulan judul aku gak kumpul-kumpul, sampai asal-salan bikin judul, alhasil aku bolak balik ganti judul sampai capek sendiri.

Abis judul disetujui aku harus nyerahin proposal skripsi dan berkas-berkasnya untuk seminar proposal. Dan malangnya setelah proposalku jadi, aku harus ganti judul lagi H-1 pengumpulan proposal. Jadi setelah dapet judul yang fix, aku langsung ngebut bikin proposal dalam 1 malam saja. Haha. Untungnya proposalku diterima dan aku bisa maju seminar proposal. Fiuh, pengorbanan banget. Padahal seandainya aku udah punya pandangan dari awal, aku gak bakal sesusah ini.

Dari pengalamaku ini ada beberapa pelajaran yang bisa aku dan kamu ambil :

1. saat kamu mulai kuliah, cobalah temukan mata kuliah apa yang kamu senangi dan kamu pahami, dan bertekadlah kamu mau ambil topik skripsi tersebut dari awal. Jadi nanti kamu tinggal nyari proyek yang mendukung topik skripsi kamu

2. alternatif lain, saat kamu mulai PKL atau magang, kamu sudah berpikir kira-kira dari proyek atau perusahaan tersebut kamu mau bahas apa untuk skripsimu, atau kamu ingin merubah sistem seperti apa dari proyek/perusahaan tersebut lalu kamu bandingkan dan kamu bahas di skripsimu. Trus, kamu konsultasi ke dosen, kalau topikmu tentang bla bla, data-data apa yang harus kamu dapatkan biar bisa membantu dalam pembahasan nanti.

Saran :

1. jangan pernah mengambil judul skripsi yang tidak kamu pahami, atau kamu lemah di bidang tersebut. Pilih judul skripsi yang kamu sukai itu lebih baik.

2. pastikan data-data yang diperlukan telah kamu dapatkan atau kamu sudah yakin bisa kamu dapatkan. Kalau tidak, jangan ambil pembahasan yang data-datanya tidak bisa diperoleh. Kalau kamu memaksakan kamu mungin bisa susah saat skripsi mulai dijalankan.

3. terakhir, siapkan alternatif judul lain apabila judulmu ditolak.

4. kalau skripsimu harus bikin alat, buatlah alat yang ingin kamu buat, tetapi mudah. Jangan yang terlalu rumit. Karena akan memakan waktu yang lama.

5. pikirkanlah judul yang mudah, yang cepat bahasannya. Yang penting LULUS wkwkwk

Yaah begitulah pengalamanku saat awal pengambilan judul, jadi daripada kalian susah seperti aku maka persiapkan dulu topik yang kamu sukai dan bakal kamu bahas. Karena kamu akan berkutat dengan topik itu selama berbulan-bulan. Jadi alangkah baiknya kalau kamu menyukainya. Itu akan lebih memotivasi kamu untuk selalu mengerjakan skripsi dan tidak menunda-nunda. Hehe.

Nanti bakal aku post part 2 nya tentang caraku memotivasi diri sendiri saat mengerjakan skripsi, dan aku bakal cerita skripsi itu susah apa gak dan tips menjalani skripsian J hehehehe


Terima kasih sudah membaca... see u in the next post my friends J

1 komentar:

 

Cerita Cintri Template by Ipietoon Cute Blog Design