Selasa, 02 Agustus 2016

SKRIPSI SUSAH GAK SIH ? (PART 2)


Post kali ini adalah lanjutan dari post sebelumnya, “skripsi susah gak sih? (Part.1)”. di postingan ini aku bakal membahas tentang caraku memotivasi diri sendiri saat mengerjakan skripsi, dan aku bakal cerita skripsi itu susah apa gak dan tips menjalani skripsian.

SKRIPSI, SUSAH GAK SIH ?

Kalau ditanya apa skripsi itu susah, tergantung pemikiran kita sih.
Dari awal aku mengerjakan skripsi, aku selalu memotivasi diriku sendiri. Aku tulis semua kalimat-kalimat yang bisa memotivasi diriku sendiri, motivasi ini aku dapat dari pemikiranku sendiri, dari lubuk hatiku sendiri. Aku print out, aku tempel di dinding kamarku dimana setiap aku bangun tidur aku membaca tulisan itu. Hmm, tulisannya seperti ini, kalau kalian baca jangan tersinggung ya karena ini murni untuk memotivasi diriku sendiri, menyakitkan memang tapi kalimat-kalimat ini menjadi cambuk buat diriku sendiri agar cepet menyelesaikan kewajiban kuliah.

Skripsi itu gak butuh mahasiswa pinter atau cerdas, tapi butuh mahasiswa yang tekun dan telaten. kalau gak bisa kan ada dospem yang ngebimbing. jadi gak ada alasan buat kamu gak bisa ngerjain skripsi atau gak lulus-lulus. it's not a reason. it's just ur alibi. Buktinya banyak temen-temenmu yang lain bisa lulus dengan bangga, kenapa kamu tidak bisa ?? kecuali kalau kamu emang bener-bener males dan gak ada niatan buat lulus. it's stupid.
semua skripsi pasti butuh perjuangan. apapun judulnya, segampang apapun pembahasannya pasti punya porsi masalah sendiri-sendiri. jadi, jangan pernah men-judge skripsi orang lain. apalagi dijadiin sebagai alasan skripsimu gak kelar-kelar. "ah, skripinya mah gampang. punyaku lebih susah" atau sejenisnya. itu sih, kamunya aja yg kurang usaha, kurang begadang, dan kurang berdoa.oke, mungkin sebagian besar kamu berpikir. "heiii kurang usaha apalagi coba, dospemku aja yang susah ditemuin". hmmmm, coba kalau kamu lebih usaha buat nemuin beliau, tiap hari nungguin diruangan beliau. dan kalau udah ketemu, buatlah janji seminggu berapa kali kalian ketemu. dospem juga dosen yang juga punya kewajiban mengajar mahasiswa lain, juga punya keluarga, bukan cuma kamu aja yang diurus. jadi wajarlah, kalau beliau sibuk. cobalah mengerti orang lain kalau kamu ingin dimengerti. pelajari jadwal beliau, hapal jam-jam beliau gampang ditemuin. misal, dospemku lebih prefer ditemuin diatas jam 10 pagi. so, kalau aku maksa-maksa nemuin pagi banget juga gak akan bisa. atau nemuin sore sedangkan beliau punya kewajiban memasak buat keluarga di rumah, juga gak akan bisa ketemu. Dospem juga manusia yang juga punya kehidupan sendiri. Keep smile, fighting cintri !!”
seperti itulah kira-kira tulisan yang aku tempel di dinding. Hingga suatu saat ibu kos bilang gak boleh ada tempelan di dinding. Yaah terpaksa aku cabut. Haha. Tapi karena sudah ku baca setiap hari, aku jadi inget dan terus kepikiran :D tapi sebenarnya motivasi terbesarku adalah orangtua. Tiap aku males buat ngerjain, aku selalu bayangin wajah orangtuaku saat lelahnya bekerja, tangisan bahagia mereka saat aku bisa bikin bangga dan wajah kecewanya orangtuaku apabila aku mengecewakannya. Aku pajang foto mama di latopku, jadi tiap aku buka laptop, aku semangat mengerjakan skripsi demi beliau.


Terkadang, ada saja mahasiswa yang merasa salah jurusan dan bukan passion nya. Lalu pada akhirnya tidak menyelesaikan kuliahnya. Kalau seperti itu sih, aku berpikir memang orangtua kita bekerja menafkahi kita itu adalah passion nya ?? NO. Itu adalah kewajiban mereka. Mereka sama seperti kita, mereka punya mimpi, hobi, dan kesukaan. Tapi itu semua mereka buang demi kebahagiaan kita, mereka rela meninggalkan kehidupan mereka demi kehidupan kita yang lebih baik. Mereka berkorban demi kita. Lalu, apa salahnya kita sedikit berkorban demi mereka ? kalau merasa salah jurusan, sudahlah. Kamu hanya perlu bertahan selama 4 tahun, sedangkan orangtuamu sudah berkorban untukmu hampir separuh hidupnya. orangtua tidak mewajibkan kita cumlaude kan ? mereka hanya ingin melihat kita lulus dan berfoto bersama saat wisuda. Itu sudah sungguh-sungguh bisa memberikan mereka kebahagiaan. Pikirkan dan bayangkan itu teman-teman J

Saat mengerjakan skripsi, pasti kita bakal dihadapin masalah, gak Cuma pas ngerjain skripsi aja loh masalahnya, mungkin printermu ngadat hiks atau apalah.. tapi jangan khawatir, tidak ada cobaan yang melampaui kemampuan hehe. Kata dosenku, itu semua adalah proses menuju kedewasaan kita, proses kehidupan yang harus kita jalani. Jadi, dinikmati saja. Semua bakal terlalui. Hanya tergantung sikap kita, membuatnya berhasil atau berakhir dengan penyesalan. It’s ur choice.

Saat mau sidang, “ndredeg” setengah mati pasti, mulut gak berhenti komat-kamit. Ngumpulin berkas ndredeg, baca pengumuman jadwal sidang, ndredeg. Mules. Haha. Sampai bingung harus ngapain dulu dan apa aja yang harus dipersiapkan. Maafkan karena aku gak bisa ngasih tips gimana menghadapi sidang, karena aku sendiri juga bingung hehe. Tapi intinya, hilangkan ketegangan kalian saat sudah berada di ruang ujian, kalau tidak, yang sudah kalian persiapkan selama ini bakal hilang or nge-blank. Calm down.

Saat pengumuman lulus atau gaknya, nih para dosen pengennya sih ngasih kejutan. Dan yaah, it’s so surprised ! jadi, semua membentuk setengah lingkaran, lalu didepan bentuk setengah lingkaran kecil. Whaaat ?? kenapa harus dibedain sih.. pak dosen bilang kecuali yang lingkaran didepan itu lulus. Titik. Dunia serasa terhenti. Gak ada yang seneng, girang-girang. Semuanya diam. Secara mikir temenku ada yang gak lulus ? gak boleh, kita berjuang bareng harus lulus bareng dong. Tapi kemudian beliau melanjutkan, begitu juga yang berada di depan. Semuanya lulus. Waaaw, otomatis karena aku berada di depan, aku nangis. Haha. Terkejut, seneng. Dan... yah, i can’t say anything about how I feel there. I was very excited. 02.08.16 adalah hari bersejarahku. And i’ll always remember that.


Disini, aku cuma bisa berpesan, nikmati semua prosesnya. ini sungguh menyenangkan, dan bikin rindu. suasana begadang, capek, mata sembab, jatuh sakit, lulus ujian dan sampai nangis bahagia melihat orang tua kita bangga. ini akan menjadi cerita yang membanggakan saat kamu sukses nanti. ini akan menjadi salah satu proses perjalanan suksesmu.

TIPS MENJALANI SKRIPSI

Berdasarkan pengalamanku selama aku mengerjakan skripsi. Banyak hikmah dan pelajaran yang aku ambil. Antara lain adalah sebagai berikut (bahahahaha, kayak nulis thesis :D )

Nomor 1. BERDOA

Hal ini pasti dan sangat wajib. Hehe. Gak perlu dijabarkan kalian sudah pasti paham.

Nomor 2. Kerjakan tiap hari walau sedikit.

Berdasarkan pengalamanku, aku terlalu santai mengerjakan skripsi, sampai pernah 1 minggu full aku gak pegang skripsiku sama sekali, bahkan pernah 1 bulan tidak asistensi sama sekali. Akhirnya, aku gak bisa maju sidang di tahap 1. Menyesal pasti. Tapi ini adalah pelajaran hidup yang harus aku perbaiki. Padahal seandainya aku rutin mengerjakan dan rutin asistensi, sudah dipastikan sebelum lebaran aku udah lulus :D tapi apalah ini salahku. Makanya, kalian jangan seperti aku. Jangan malas-malasan. Semakin cepat semakin baik bukan ? tidak usah terburu-buru sampai begadang, jaga kesehatan. Kerjakan setiap hari dengan rutin, tanpa begadang pun kalian pasti bisa lulus tepat waktu.

Nomor 3. Jangan menyia-nyiakan waktu

Seperti tips nomor 2, kerjakan tiap hari jangan menyia-nyiakan waktu. Daripada kalian hanya tidur-tiduran gak jelas, mending ngerjain skripsi sambil dengerin lagu.hehe. kalau tidak punya inspirasi atau tidak bisa, temuin dosen dan konsultasi masalah kalian. Pasti beliau punya solusi dan bakal mengajarkan kalian yang belum kalian pahami.

Nomor 4. Rajinlah ke kampus walaupun gak ada urusan apa-apa.

Ini berlaku apabila kalian rutin mengerjakan. Di kampus banyak sekali informasi yang tidak terduga, bisa dari teman, dosen, atau lainnya. Kalian bisa bertukar pikiran dengan teman, dll. Mengerjakan di kampus oke juga, biar gak terpancing ingin tidur-tiduran :D

Nomor 5. Beri target progress skripsimu

Beri target kapan kamu asistensi/konsultasi, berapa hari sekali kamu nemuin dosen, setiap hari apa kamu nunjukin progressmu ke dosen pembimbing. Ini bisa memacu semangat kamu buat ngerjan skripsi, karena apabila mendekati jadwal konsultasimu, mau gak mau pasti kamu bakal ngerjain.

Nomor 6. Dan jangan lupa revisiannya haha

*setiap orang punya pengalaman yang berbeda-beda, tergantung bagaimana kita mengambil sisi positifnya.

*ini pengalaman pribadi dan ini semata-mata dibuat hanya untuk memotivasi diri sendiri, dan semoga pembaca juga bisa ikut termotivasi.

Akhir kata, terima kasih kepada semua yang sudah memberikan dukungan, doa, tenaga, waktu, dan semuanya demi kelancaran aku, hehe. Terima kasih atas pengorbanannya dalam membantu segala urusan-urusan persiapannya. Terima kasih ALLAH, terima kasih orangtuaku, terima kasih besties, terima kasih teman-teman J. Semoga urusan kalian semua dilancarkan oleh ALLAH. Amiiin.


4 komentar:

 

Cerita Cintri Template by Ipietoon Cute Blog Design